MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN PPKM MIKRO DESA BANYAKPRODO

Camat Tirtomoyo, Bapak Dwi Martanto Yuniarso menghimbau kepada Kepala Desa Banyakprodo beserta seluruh perangkatnya untuk menggalakkan sosialisasi Vaksinasi Covid-19 kepada warga.

Hal tersebut diungkapkan saat pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan PPKM Mikro Desa di Desa Banyakprodo Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri pada Rabu (9/6/2021).

“Masyarakat kita cenderung lebih percaya isu – isu hoax yang menimbulkan ketakutan terhadap vaksin,” ungkapnya.

Beliau hadir sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Tingkat Kecamatan Tirtomoyo, beserta jajarannya, yakni Bapak Suparna (Danramil Tirtomoyo), Ibu Eni Rusida (Bidan Desa Banyakprodo) dan Bapak Sunaryo (Tenaga Kesehatan Puskesmas 1 Tirtomoyo).

Lebih lanjut, beliau mengatakan, telah berkoordinasi dengan Pendamping PKH, maupun TKSK Kecamatan Tirtomoyo untuk turut memberikan sosialisasi kepada para penerima bantuan sosial maupun bantuan pangan mengenai kemungkinan tertunda atau gagalnya menerima bantuan apabila menolak vaksin tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Di akhir isiannya, Bapak Camat mengatakan bahwa Jogo Tonggo serta Satgas Penanganan Covid-19 Tingkat Desa Banyakprodo dinilai telah melaksanakan fungsinya dengan baik, dibuktikan dengan terkendalinya angka penularan Covid yang sempat meningkat di Bulan Mei kemarin. Saat ini, tidak ada kasus aktif maupun kasus baru Covid-19 di Desa Banyakprodo.

Bapak Pujiyono, Kepala Desa Banyakprodo menanggapi apa yang disampaikan Bapak Camat dengan menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Banyakprodo telah melakukan sosialisasi terkait Perpres Nomor 14 Tahun 2021 kepada KPM BLT-DD pada saat penyaluran BLT-DD Bulan ke 6 pada Selasa, 6 Juni 2021 kemarin. Dan akan terus berupaya memberikan pemahaman yang benar mengenai Vaksinasi Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Suparna, Danramil Tirtomoyo menyampaikan apabila desa mengalami kesulitan saat pelaksanaan PPKM Mikro Desa agar segera berkoordinasi dengan Satgas.

Selanjutnya, Tenaga Kesehatan Puskesmas 1 Tirtomoyo, Bapak Sunaryo memberikan sosialisasi mengenai apa sebenarnya Vaksinasi Covid-19, sebagai respon atas banyaknya kabar hoax yang beredar di tengah – tengah masyarakat.

“Vaksinasi untuk menekan angka penularan Covid-19 dengan cara menambah imunitas tubuh. Dalam kurun waktu tertentu, imunitas Anda akan bertambah dan penularan Covid menjadi sangat kecil. Tetapi terkadang masyarakat belum percaya vaksin karena ada kasus – kasus tertentu dimana setelah vaksin malah tertular Covid. Memang antibodi covid bisa terbentuknya lambat karena masuk ke dalam sel darah, tidak seketika setelah vaksin langsung terbentuk antibodi,” ungkapnya.

Selain itu, beliau menyampaikan target vaksinasi covid saat ini di Puskesmas 1 Tirtomoyo sejumlah 500 orang, mohon agar bisa dimaksimalkan untuk Desa Banyakprodo.

Dilanjutkan isian oleh Bidan Desa, Ibu Eni Rusida, mengungkapkan bahwa capaian vaksinasi covid lansia Desa Banyakprodo sejumlah 100an lansia. Jadi masih cukup banyak jika dibandingkan dengan jumlah total lansia dan pra lansia yaitu 1.286, usia di atas 50 tahunan ada sekitar 715 lansia. Beliau mengharapkan peran serta seluruh perangkat desa agar tercapai target vaksin di Desa Banyakprodo yang mungkin memerlukan pendekatan – pendekatan khusus kepada segenap warga.

Di akhir Monitoring dan Evaluasi PPKM Mikro Desa Banyakprodo, Kepala Desa dan seluruh Perangkat Desa Banyakprodo berkomitmen untuk berupaya maksimal mencapai target vaksinasi Covid-19. Mengingat besarnya harapan agar pandemi segera berakhir.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan